Sebelum merekomendasikan podcast untuk belajar bahasa Inggris yang cocok bagi pemula, yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu podcast. Podcast adalah kumpulan audio digital yang tersedia untuk diunduh atau didengarkan melalui Internet. Konsep podcast kurang lebih sama dengan radio lho.

Dengan mendengarkan podcast kamu bisa bisa melatih kemampuan listening, agar bisa dengan mudah memahami perkataan lawan bicaramu saat bercakap-cakap. Selain itu, mendengarkan podcast membantu kamu melatih penguasaan vocabulary dan mempelajari struktur grammar, intonasi, dan aksen yang disampaikan oleh native speakers.

5 Rekomendasi podcast untuk belajar bahasa inggris yang cocok bagi pemula

Buat kamu para sobat Englishvit yang kebingungan nyari-nyari podcast buat belajar bahasa Inggris, berikut 5 rekomendasi podcast untuk belajar bahasa Inggris yang cocok buat pemula.

1. English Learning for Curious Minds

Podcast English Learning for Curious Minds dibawakan oleh Leonardo English yang merupakan seorang ahli bahasa dan orang yang sangat merekomendasikan podcast sebagai media untuk belajar bahasa Inggris. Di podcast ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dari mendengarkan audio dengan topik-topik menarik, seperti sejarah, filsafat, politik hingga teknologi.

Durasi podcast ini rata-rata hanya 20 menit saja. Saat ini sudah ada 234 episode yang sudah bisa kamu dengarkan melalui Apple Podcasts, Spotify, Google Podcast, maupun melalui resmi Leonardo English. Jika kamu mendengarkan melalui website resminya, kamu bisa mendengarkan episode-episode tertentu yang tidak dirilis di Apple Podcasts, Spotify, maupun Google Podcasts lho.

2. English as a Second Language Podcast

English as a Second Language atau yang sering disingkat dengan ESL Podcast dibuat oleh Dr. Jeff McQuillan seorang profesor dalam bidang linguistik yang sudah berpengalaman mengajar bahasa Inggris lebih dari 30 tahun.

Seperti namanya, podcast ini berisi materi-materi pembelajaran bahasa Inggris untuk para pendengarnya yang ingin mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Podcast ini berisi tentang cara-cara menggunakan frasa dan ekspresi bahasa Inggris sehari-hari yang disampaikan dengan kecepatan bicara yang lambat agar mempermudah pendengar untuk memahami materi. Podcast ini bisa kamu dengarkan secara gratis melalui YouTube, Spotify, Apple Podcasts, dan PodBean. 

3. All Ears English

All Ears adalah podcast yang dibawakan dalam bahasa Inggris dengan aksen Amerika oleh dua guru bahasa Inggris berpengalaman, Lindsay dan Michelle. Podcast ini membahas tentang budaya Amerika dan penjelasan tentang ekspresi-ekspresi bahasa Inggris yang membingungkan. Materi-materi pembelajaran bahasa Inggris disampaikan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Selain itu, podcast ini juga sering membahas tips dan trik mengerjakan tes IELTS lho

Podcast ini juga bisa kamu dengarkan melalui Apple Podcasts, Google Podcasts, Spotify, dan website All Ears English. Jika kamu tertarik untuk tinggal di Amerika dan ingin memperbaiki skor IELTS, kamu bisa mendengarkan podcast ini sebagai referensi!

4. Espresso English Podcast

Espresso English Podcast menyajikan materi grammar, vocabulary, phrases, idioms, dll, yang sesuai dengan kebutuhan kamu untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris dalam bentuk audio. Materi bahasa Inggris disampaikan dengan cara yang jelas dan praktikal, sehingga mempermudah untuk pendengar untuk belajar bahasa Inggris secara cepat dan efektif. 

Durasi tiap-tiap episode di podcast ini biasanya tak lebih dari 20 menit. Saat ini sudah ada puluhan materi bahasa Inggris yang bisa kamu dengarkan secara gratis di Spotify, Apple Podcasts, dan website resmi Espresso English Podcast jika ingin sekaligus mengakses transkrip dari tiap-tiap episode dalam podcast.

5. Happy English Podcast

Apakah kamu kesulitan memahami native speakers saat mereka bicara? Atau kamu kurang percaya diri saat berbicara dengan bahasa Inggris? Pelajaran bahasa Inggris yang ada dalam Happy English Podcast akan membantu kamu menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Podcast ini memberikan materi cara mempelajari kosakata dan juga memberikan latihan speaking bahasa Inggris untuk pendengar dari semua tingkatan level bahasa Inggris dan usia.

Selain itu, podcast ini juga berisi tentang materi-materi tentang idiom, phrasal verbs, pronunciation, kosakata sulit, grammar, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendengarkan podcast yang sudah memiliki lebih dari 600 episode ini secara gratis di Spotify atau Apple Podcasts. 

Nah, itu tadi 5 rekomendasi podcast untuk belajar bahasa Inggris yang cocok untuk pemula. Selain bisa untuk melatih listening bahasa Inggris, mendengarkan podcast juga bisa menambah pengetahuan kosakata bahasa Inggris, pronunciation, dan aksen kamu lho.

Buat sobat Englishvit yang pengen belajar listening dengan guru yang profesional dan berpengalaman, ikutan aja live class English for Basic di Englishvit! Di kelas English for Basic, kamu akan mempelajari skill dan materi dasar bahasa Inggris dari NOL hingga BISA yang nantinya akan jadi landasan buat untuk menguasai bahasa Inggris. Kamu juga bisa bertemu teman-teman dari berbagai daerah dan background untuk saling praktek bahasa Inggris bersama loh. Seru kan? Klik DI SINI untuk mendaftar live class English for Basic.